Assa

PT Adi Sarana Armada Tbk - Dalam Rangka “PMHMEDT 1"

15 January 2021

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) akan menyelenggarakan penawaran umum terbatas kepada pemegang saham perseroan untuk Penambahan Modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu 1 (PMHMETD 1) sebanyak 600.000.000 (Enam Ratus Juta) Obligasi konversi dengan jumlah pokok sebesar Rp. 450.000.000.000,- (Empat Ratus Lima Puluh Milyar Rupiah)

Perseroan menawarkan sebanyak 600.000.000 (enam ratus juta) Obligasi Konversi, dimana setiap pemegang 453 (empat ratus lima puluh tiga) Saham Lama yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (“DPS”) Perseroan pada tanggal 7 Januari 2021 berhak memperoleh 80 (delapan puluh) HMETD, dimana setiap 1 (satu) HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 (satu) unit Obligasi Konversi dengan Harga Pelaksanaan sebesar Rp750,- (tujuh ratus lima puluh Rupiah) setiap 1 unit Obligasi Konversi, yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan pelaksanaan HMETD. Jumlah dana yang akan diterima oleh Perseroan dalam PMHMETD I ini adalah sebesar Rp450.000.000.000,- (empat ratus lima puluh miliar Rupiah). Obligasi Konversi dalam PMHMETD ini diterbitkan tanpa warkat (scripless). Obligasi Konversi tersebut dapat dikonversi sebesar nilai nominalnya, yang akan ditawarkan dengan harga konversi Rp750,- (tujuh ratus lima puluh Rupiah) per saham   

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil PMHMETD I ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk:

  • Sekitar 51,5% (lima puluh satu koma lima persen) untuk pengembangan usaha yang akan disalurkan ke Anak-Anak Perusahaan yaitu PT Tri Adi Bersama, PT Adi Sarana Logistik, PT Surya Fajar Indonesia, PT Adi Sarana Investindo, dan Anak Perusahaan dengan bidang jasa reparasi elektronik yang akan didirikan di kemudian hari;
  • Sisanya 48,5% (empat puluh delapan koma lima persen) akan digunakan untuk pelunasan pinjaman bank Perseroan

Konversi dari Obligasi Konversi menjadi saham dapat dilakukan sejak Tanggal Emisi hingga sebelum tanggal jatuh tempo Obligasi Konversi yaitu 7 (tujuh) tahun sejak Tanggal Emisi yaitu pada tanggal 20 Januari 2028 dengan tanpa bunga. Apabila Obligasi Konversi tidak dikonversikan selama masa konversi, maka Obligasi Konversi menjadi jatuh tempo pada 7 (tujuh) tahun sejak Tanggal Emisi yaitu pada tanggal 20 Januari 2028. Obligasi Konversi dapat diperdagangkan dan akan dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia. Dalam hal Obligasi Konversi tidak dikonversi menjadi saham sampai dengan Tanggal Jatuh Tempo, maka Perseroan wajib melunasi Nilai Pokok Obligasi ditambah Yield to Maturity sebagaimana berlaku.

Berdasarkan Surat Pernyataan tanggal 4 November 2020, International Financial Corporation menyatakan akan menerima pengalihan dan melaksanakan seluruh HMETD yang diterima dari PT Adi Dinamika Investindo, PT Daya Adicipta Mustika, Drs. Prodjo Sunarjanto Sekar Pantjawati, Ir. T. Permadi Rachmat, dan Erida sebanyak total 375.933.840 lembar

Demikian pula apabila setelah alokasi masih terdapat sisa HMETD yang belum dilaksanakan, maka seluruh Obligasi Konversi yang tersisa akan diambil bagian oleh International Financial Corporation seluruhnya secara tunai.

Saham hasil Obligasi Konversi ini seluruhnya merupakan saham yang dikeluarkan dari portepel Perseroan yang memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak atas dividen dengan saham yang telah disetor penuh lainnya.